ARITONANG, SURYA GELORA BAJA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE AT MATCH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MANAJEMEN PERKANTORAN SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191144010_Cover.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7191144010_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
7191144010_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
7191144010_Abstrak.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
7191144010_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
7191144010_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7191144010_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7191144010_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7191144010_BAB_I.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
7191144010_BAB_V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7191144010_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran manajemen perkantoran di dalam kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi pengaruh dari model pembelajaran Make At Match dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Manajemen Perkantoran kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan memakai teknik Total Sampling dari dua kelas yakni XI MPLB 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MPLB 4 sebagai kelas kontrol. Dalam proses pembelajaran gunamendapat data penelitian digunakan tes soal pilihan ganda sejumlah 22 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah di validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, juga daya pembeda soal. Teknik analisis datanya yakni teknik analisis kuantitatif yaitu uji formalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan kepada dua variabel yakni model pembelajaran Make At Match dan Motivasi Belajar. Hasil penelitian menyimpulkan nilai pre-test ialah 51,06 dan 46,06 serta nilai rata-rata pada nilai post-test ialah 80,15 dan 74,84. Data pada uji formalitas dan homogenitas didapati hasil data terdistribusi normal dan berasal dari data yang homogen yakni0,05 (0,189 > 0,005 pada normalitas Make At Match dan Motivasi Belajar tingkat signifikansi di atas 0,05 (0,503 > 0,005) dan homogenitas pada sig sig. 0,81>0,05, uji hipotesis Independent Sample T-Test melalui hasil belajar kedua kelas didapat sig (t-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima yakni model pembelajaran Make At Match serta motivasi belajar siswa bisamenaikkan hasil belajar peserta didik kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan pada mata pelajaran Manajemen Perkantoran Tahun Ajaran 2023/ 2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Make At Match, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 02:42 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54747 |