RIZKY, SALSABILA PUTRI (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MPLB DI SMKS BUDI AGUNG MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144015_Cover.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7193144015_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7193144015_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7193144015_Abstrak.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7193144015_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7193144015_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7193144015_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7193144015_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7193144015_BAB_I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
7193144015_BAB_V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7193144015_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Budi Agung Medan T.A 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MPLB yang berjumlah 55 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item.
Hasil analisis data menunjukkan data nilai rata-rata kelas X MPLB 1 (kelompok eksperimen I) yaitu 83,75 dengan simpangan baku 9,49 dan kelas X MPLB 2 (kelompok eksperimen II) 80,74 dengan simpangan baku 8,74. Pengujian hipotesis pada eksperimen I dan eksperimen II diperoleh bahwa nilai signifikansi 0,001<0,05. Dengan kata lain hipotesis diterima. Pengujian hipotesis pada perbedaan eksperimen I dan eksperimen II diperoleh nilai thitung<ttabel yaitu 1,222<2,006. Dengan kata lain hipotesis ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Heads Together.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis I dan II diterima, yang menyatakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Heads Together di kelas X MPLB SMKS Budi Agung Medan T.A 2023/2024. Sedangkan hipotesis III ditolak, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran Dasar MPLB di SMKS Budi Agung Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, Numbered Heads Together |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 02:35 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54746 |