Ridwan, Muhammad (2023) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN LINGKUNGA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEJURUAN KELAS X JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS SMKS BINA SATRIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144007_Cover.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7193144007_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
7193144007_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
7193144007_Abstrak.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7193144007_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
7193144007_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7193144007_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7193144007_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7193144007_BAB_I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
7193144007_BAB_V.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
7193144007_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profesionalisme guru, lingkungan belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Kejuruan Kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) SMKS Bina Satria T.A 2023/2024. Penelitian ini didasari masih terdapat siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyaknya guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, kurangnya lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa, terdapat lingkup pergaulan yang tidak sehat yang mempengaruhi hasil belajar yang di dapat oleh para siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Ex-Post Facto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK Swasta Bina Satria Medan yang berjumlah 53 orang dengan menggunakan teknik propotional ramdom sampling. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis Parsial (Uji T), Uji Hipotesis Simultan (Uji F), dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif profesionalisme guru terhadap hasil belajar sebesar 49,9%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif lingkungan belajar terhadap hasil belajar sebesar 15,5%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif profesionalisme guru dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar dengan nilai R Square sebesar 46,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profesionalisme Guru, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 08:05 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54720 |