SIMAREMARE, MARVEL YUDHA DE COSTER (2023) PENGARUH PENGUASAAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGAKATAN 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7183144020_Cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7183144020_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
7183144020_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7183144020_Abstrak.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7183144020_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7183144020_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7183144020_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7183144020_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7183144020_BAB_I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
7183144020_BAB_V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7183144020_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini terdapat di mana mahasiswa masih ditemukan menghadapi berbagai persoalan yang ditemui saat proses belajar mengajar, di mana beberapa mahasiswa masih belum mengintegrasikan teknologi ke dalam proses mengajarnya, sehingga keyakinan atau efikasi diri dari mahasiswa tersebut menyatakan tidak siap untuk menjadi guru. Namun ada juga beberapa yang siap menjadi guru dengan alasan sudah bisa mengintegrasikan teknologi ke dalam proses mengajarnya dan membuat dirinya menjadi percaya dalam mengajar dalam arti efikasi dirinya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge dan Efikasi Diri terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2018 yaitu sebanyak 59 mahasiswa. Keseluruhan populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran angket. Angket penelitian di uji menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesis digunakan Uji Parsial (Uji t) , Uji Simultan (Uji F) dan Koefisien Determinasi (R2).
Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan Penguasaan Technological pedagogical and Content Knowledge terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan nilai thitung > ttabel (3,633 > 2,001) dan nilai signifikannya 0,001 < 0,05. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan nilai thitung > ttabel (5,035 > 2,001) dan 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis secara simultan (Uji F) menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan dari Penguasaan Technological pedagogical and Content Knowledge dan Efikasi diri terhadap Kesipan Menjadi Guru dengan nilai Fhitung > Ftabel (56,107 > 3,16) dan nilai signifikan pada taraf ɑ = 5% adalah 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Technological pedagogical and Content Knowledge, Efikasi Diri, Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:52 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54718 |