PENGARUH PENGUASAAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGAKATAN 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

SIMAREMARE, MARVEL YUDHA DE COSTER (2023) PENGARUH PENGUASAAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGAKATAN 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7183144020_Cover.pdf]
Preview
Text
7183144020_Cover.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
7183144020_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
7183144020_Kata_Pengantar.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_Abstrak.pdf]
Preview
Text
7183144020_Abstrak.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
7183144020_Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_Daftar_Tabel.pdf]
Preview
Text
7183144020_Daftar_Tabel.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
7183144020_Daftar_Gambar.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
7183144020_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_BAB_I.pdf]
Preview
Text
7183144020_BAB_I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_BAB_V.pdf]
Preview
Text
7183144020_BAB_V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 7183144020_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
7183144020_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat di mana mahasiswa masih ditemukan menghadapi berbagai persoalan yang ditemui saat proses belajar mengajar, di mana beberapa mahasiswa masih belum mengintegrasikan teknologi ke dalam proses mengajarnya, sehingga keyakinan atau efikasi diri dari mahasiswa tersebut menyatakan tidak siap untuk menjadi guru. Namun ada juga beberapa yang siap menjadi guru dengan alasan sudah bisa mengintegrasikan teknologi ke dalam proses mengajarnya dan membuat dirinya menjadi percaya dalam mengajar dalam arti efikasi dirinya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge dan Efikasi Diri terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2018 yaitu sebanyak 59 mahasiswa. Keseluruhan populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran angket. Angket penelitian di uji menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesis digunakan Uji Parsial (Uji t) , Uji Simultan (Uji F) dan Koefisien Determinasi (R2).
Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan Penguasaan Technological pedagogical and Content Knowledge terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan nilai thitung > ttabel (3,633 > 2,001) dan nilai signifikannya 0,001 < 0,05. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan nilai thitung > ttabel (5,035 > 2,001) dan 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis secara simultan (Uji F) menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan dari Penguasaan Technological pedagogical and Content Knowledge dan Efikasi diri terhadap Kesipan Menjadi Guru dengan nilai Fhitung > Ftabel (56,107 > 3,16) dan nilai signifikan pada taraf ɑ = 5% adalah 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Technological pedagogical and Content Knowledge, Efikasi Diri, Kesiapan Menjadi Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:52
Last Modified: 08 Mar 2024 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54718

Actions (login required)

View Item
View Item