Ginting, Metavianti (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183141078 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM 4183141078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM 4183141078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4.NIM 4183141078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 4183141078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
9. NIM 4183141078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM 4183141078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM 4183141078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pembelajaran dan faktor penyebabnya pada materi pokok sistem pencernaan makanan kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan tahun pembelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang dari kelas XI MIA 4 yang diambil secara random dari populasi. Berdasarkan analisis data secara deskriptif diperoleh tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan. Hasil tes menunjukkan bahwa siswa berada di kategori tidak tuntas. Kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pembelajaran 1 (menganalisis zat makanan), 2 (identifikasi bagian saluran pencernaan), 3 (menu makanan seimbang) sangat tinggi sedangkan 4 (menganalisis prinsip perolehan nutrisi) tergolong tinggi. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi sistem pencernaan makanan yaitu kesehatan, minat, motivasi, materi dan media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 021 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Sistem pencernaan; Kompetensi profesional guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 04:27 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54685 |