RIVERA, DIVA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR – DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS KELAS X MPLB DI SMK NEGERI 7 MEDAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192444008_Cover.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
7192444008_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
7192444008_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
7192444008_Abstrak.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
7192444008_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7192444008_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7192444008_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
7192444008_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7192444008_BAB_I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
7192444008_BAB_V.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
7192444008_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penlitian ini untuk mengetahui bagaimana siswa menerima pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Small Group Discussion dan Reward Giving. Penelitian ini bersifat eksperimen, permasalahannya adalah guru belum menerapkan strategi pembelajaran yang kreatif dan aktif atau menerapkan reward secara konsisten sehingga berdampak pada hasil belajar Dasar-dasar MPLB siswa kelas X MPLB. Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 7 Medan ini berjumlah 35 siswa yang dipilih sebagai sampel dengan jumlah populasi siswa sebanyak 211 orang. Ujian pilihan ganda yang terdiri dari dua puluh soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan uji daya beda merupakan alat yang digunakan untuk menilai tujuan belajar siswa. Rumus uji “t” digunakan dalam teknik analisis data uji hipotesis, uji homogenitas, dan uji normalitas. Penelitian ini hanya dilakukan di kelas eksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Small Group Discussion dan pemberian reward. Berdasarkan temuan penelitian eksperimen nilai rata-rata pretest siswa adalah 60,9. Sedangkan rata-rata nilai posttest siswa adalah 75. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatannya mencapai 23%. Data pretest mempunyai data yang berdistribusi teratur, sesuai perhitungan normalitas nilai pretest Lhitung < Ltabel, atau 0,125 < 0,150. Sedangkan data post test mempunyai data yang berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel atau 0,117 < 0,15. Pada taraf signifikansi 95%, uji homogen menghasilkan data dengan fhitung sebesar 1,4137 dan ftabel sebesar 1,89. Artinya data pretest dan postes homogen atau mempunyai varian yang sama. Berdasarkan hasil uji-t yang telah diperoleh, nilai thitung sebesar 18,86 dengan ttabel 1,668. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung>ttabel (18,86>1,668), Pada taraf signifikansi 95% Temuan uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Small Group Discussion, Pemberian Reward. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 03:28 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54683 |