Sinaga, Hendang Lastarina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG EMPAT T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7111341003_COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 7111341003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
4. NIM. 7111341003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM. 7111341003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM. 7111341003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 7111341003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7111341003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7111341003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 7111341003_BAB I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
13. NIM. 7111341003_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 7111341003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat T.P 2015/2016.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 231siswa.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 38 orang dan X-3sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk dokumentasi dan bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah di uji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes di SMA Swasta Panti Budaya Kisaran.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional.Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray adalah pretes sebesar 52,24, standar deviasi= 9,20 dan postes sebesar 81,58, standar deviasi= 11,10, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 52,36, standar deviasi= 8,7 dan postes sebesar 63,75, standar deviasi= 9,8. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,315 > 2,0043 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0.05.
Berdasarkanhasilanalisis data dan uji statistic serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 003 |
Keywords: | Model Pembelajaran Two Stay Two Stray; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2016 06:37 |
Last Modified: | 26 May 2016 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5466 |