Siburian, Leonardo MP (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SIBORONGBORONG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173341034 COVER.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
2. NIM. 4173341034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM. 4173341034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4173341034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 4173341034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
10. NIM. 4173341034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM. 4173341034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NIM. 4173341034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan belajar siswa dan apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan dalam mempelajari materi sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Siborong-borong T.P 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif soal pengetahuan (C1) sebesar56,94%, memahami (C2) sebesar 44,79%, menerapkan (C3) sebesar 41,89%, menganalisis (C4) sebesar 42,59%, mengevaluasi (C5) sebesar 42,25%, dan Kreasi (C6) sebesar 67,70%. Selanjutnya dilihat dari aspek indikator pembelajaran, siswa mendapat tingkat kesulitan tertinggi pada indikator ke-1 sebesar 60,41, sedangkan tingkat kesulitan terendah adalah 39,58 yaitu pada indikator ke-3. Faktor penyebab kesulitan belajar pada materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia yang dihadapi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Siborong-borong adalah faktor internal dan eksternal. Minat belajar sendiri sebesar 73,78 merupakan faktor internal utama sedangkan guru sebesar 71,61 merupakan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 023 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Sistem pencernaan; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 08:19 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54650 |