Prasetya, OK Yudistira Wibawa (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MIS AL-IHSAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2172141004 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM 2172141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
3. NIM 2172141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM 2172141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. NIM 2172141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM 2172141004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM 2172141004 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. NIM 2172141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
12. NIM 2172141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM 2172141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Explicit
Instruction pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya serta mendeskripsikan
hasil belajar seni budaya dan prakarya sebelum dengan sesudah menerapkan
model pembelajaran Explicit Instruction. Penelitian ini menggunakan beberapa
teori sebagai teori pendekatan, adapun teori yang digunakan adalah teori
pembelajaran oleh Oemar Hamalik, teori tentang model pembelajaran Explicit
Instruction oleh Archer dan Hughes dan teori hasil belajar dari Oemar Hamalik.
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data
komparatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa/i kelas V MIS Al-Ihsan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran seni budaya dan prakarya dengan menggunakan model
pembelajaran Explicit Instruction sebesar 45%. Dilihat dari proses pembelajaran
dengan menggunakan model Explicit Instruction siswa memperlihatkan antusias
belajar yang baik, siswa aktif dalam pembelajaran, adanya stimulus respon yang
aktif baik dari guru maupun dari siswa meskipun terdapat kendala yang terjadi
pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat
dari rata-rata nilai setelah menggunakan model Explicit Instruction adalah 51,75
(Pretest) meningkat menjadi 70,25 (Postest), begitu juga dengan penilaian afektif
sebesar 74,18, dan psikomotorik sebesar 72,83. Penarikan hipotesis penelitian
diketahui dari analisis data dengan menggunakan uji T two paired sample t test
dan one paired sample t test. Diperoleh bahwa T hitung < T tabel = -7,2054 < -
1,7291 (Kognitif), T hitung ≥ T tabel = 1,7957 ≥ 1,7291 (Afektif), T hitung < T
tabel = 1,0285 < 1,7291 (Psikomotorik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran Explicit Instruction, Hasil Belajar, Seni Budaya dan Prakarya |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 03:02 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54598 |