Khairani, Mutia (2022) PENDEKATAN KREATIF PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SDN 104210 AMPLAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 2173141011 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 2173141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 2173141011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 2173141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM 2173141011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM 2173141011 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM 2173141011 TABLES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM 2173141011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM 2173141011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM 2173141011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM 2173141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurang maksimalnya kreativitas siswa pada
pembelajaran SBdP di SDN 104210 Amplas. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kreativitas siswa. Teori yang digunakan yakni teori pendekatan
kreatif oleh James R. Evans dan teori kreativitas oleh Munandar. Untuk
meningkatkan kreativitas siswa, dilakukan proses kreatif oleh Santrock yang
memiliki 5 tahap yakni preparation, incubation, insight, evaluation dan
elaboration. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dalam bentuk
Pre-Experimental One Group Pretest - Posttest Design. Populasi pada penelitian
ini adalah seluruh siswa SDN 104210 Amplas yang berjumlah 123 siswa, dan
memilih kelas V yang berjumlah 14 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Instrumen penelitian menggunakan tes soal berupa essay yang berjumlah 10 soal
dan 5 pertanyaan terkait keterampilan siswa. Penelitian dilakukan dengan uji pretest
dan posttest dengan persentase nilai rata-rata pretest yakni 64,5% dan nilai rata-rata
posttest yakni 86,56%. Hasil persentase tersebut diperoleh peningkatan kreativitas
siswa sebesar 22,06%. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai t adalah 38.657 dan
df = 13. Karena t hitung > t tabel, yaitu 38.657 > 1.770 maka menunjukkan Ho
ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan kreatif dapat
meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP di SDN 104210 Amplas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan Kreatif, Kreativitas, Pembelajaran SBdP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4500 Essays (Literary history) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 02:32 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54595 |