Khairani, Hayyu Fitri (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN TARI PISO SURIT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KUALUH HULU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173141008 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 2173141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
3. NIM 2173141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM 2173141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM 2173141008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM 2173141008 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 2173141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 2173141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 2173141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM 2173141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 2173141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran tari Piso Surit melalui
media audio visual berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa kelas
VII di SMP Negeri 1 Kualuh Hulu. Teori yang digunakan yaitu teori audio visual
(Ega Rima Wati, 2016:44), teori Blended Learning (Nurdyansyah, 2019:182),
teori hasil belajar (Lorin W. Anderson, David, 2015:6). Metode yang digunakan
adalah metode eksperimen yang merupakan salah satu metode dari penelitian
kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-5 dengan jumlah 32 peserta
didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi,
wawancara dan studi kepustakaan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
tes pilihan berganda yang diuji melalui validitas tes, reliabilitas tes dan tingkat
kesukaran soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas
dan uji hipotesis. Hasil penelitian dimulai dari melakukan validasi soal tes pilihan
berganda dan kemudian dilakukan pretest. Nilai rata-rata hasil pretest peserta
didik sebelum dilaksanakan pembelajaran tari Piso Surit melalui media audio
visual berbasis blended learning adalah sebesar 53,75. Sedangkan nilai rata-rata
posttest setelah melaksanakan pembelajaran tari Piso Surit melalui media audio
visual berbasis blended learning adalah sebesar 86,875. Dari nilai tersebut dapat
diketahui bahwa pembelajaran tari Piso Surit melalui media audio visual berbasis
blended learning meningkat sebesar 33,125. Dari perhitungan uji hipotesis (uji t
berpasangan) dengan ketentuan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (17,93 > 1,999)
yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat diambil
kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII dalam
penerapan pembelajaran tari Piso Surit melalui audio visual berbasis blended
learning di SMP Negeri 1 Kualuh Hulu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Audio Visual, Blended Learning, Tari Piso Surit, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 02:25 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54593 |