Sihombing, Yusnidar (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TP 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5173321032 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM.5173321032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
3. NIM. 5173321032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM.5173321032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. NIM. 5173321032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
9. NIM. 5173321032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
13. NIM.5173321032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14. NIM. 5173321032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi virus dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batang Kuis TP 2021/2022 pada bulan Juni sampai bulan Agustus 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil secara random sampling dengan jumlah 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan angket faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 1 Batang Kuis masih termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 57. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi virus dominan berada pada kategori kurang sekali dengan persentase 40%, disusul dengan kategori cukup dengan persentase 18%, kemudian kategori baik dengan persentase 16%, kategori sangat baik dengan persentase 14% dan kategori kurang dalam berpikir tingkat tinggi 12%. Berdasarkan aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi secara berturut-turut dari yang tertinggi hingga yang terendah adalah menganalisis permasalahan dengan rata-rata 73, menganalisis permasalahan 56, dan mengevaluasi gagasan 56. Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang sangat berpengaruh dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu inteligensi sedangkan faktor eksternal yang sangat berpengaruh yaitu media pembelajaran. Selain itu kebiasaan belajar, minat belajar, serta interaksi di lingkungan juga dapat mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi seseorang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 049 |
Keywords: | Virus; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Vaksin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 08:30 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54585 |