Handayani, Devi (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4111111005 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4111111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM 4111111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 4111111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM 4111111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 4111111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 4111111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM 4111111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM 4111111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
13. NIM 4111111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4111111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Lubuk Pakam T.A 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi kubus dan balok.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 54,93 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria rendah dengan 25 siswa atau 69,44% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 78,54 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria sedang dimana banyak siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 31 orang atau 86,11% dari seluruh siswa. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pengamatan, pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition di kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam terlaksana dengan baik.
Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 047 |
Keywords: | Model Pembelajara; CIRC; Pelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2016 01:27 |
Last Modified: | 26 May 2016 01:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5458 |