Saragih, Ayu Syntia Monika (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF MODEL PEMBELAJARAN STECS DAN PJBL PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA N 10 MEDAN TP. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183141086 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 4183141086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
3. NIM 4183141086 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM 4183141086 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM 4183141086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
9. NIM 4183141086 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM 4183141086 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM 4183141086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang dibelajarkan dengan model STEcS dan PjBL pada materi perubahan lingkungan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 103 orang. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen pertama dengan jumlah 35 orang dan X MIA-1 sebagai kelas eksperimen kedua dengan jumlah 32 orang sehingga jumlah seluruh sampel yaitu 67 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal pilihan berganda dan angket sikap siswa terhadap lingkungan yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model STEcS dan PjBL pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri 10 Medan. Nilai rata-rata hasil tes kognitif siswa SMA Negeri 10 Medan yang diajarkan dengan model STEcS lebih tinggi (66,46) jika dibandingkan dengan nilai rata-rata tes kognitif siswa yang dengan model PjBL (58,91). Dan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan sig.(2-tailed) sebesar 0,004. (2) terdapat perbedaan hasil belajar afektif siswa yang dibelajarkan dengan model STEcS dan PjBL pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri 10 Medan. Nilai rata-rata angket siswa SMA Negeri 10 Medan yang diajarkan dengan model STEcS lebih tinggi (75,37) jika dibandingkan dengan nilai rata-rata angket siswa yang dengan model PjBL (70,84). Serta hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan sig.(2-tailed) sebesar 0,02. Sehingga Ha diterima, dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang dibelajarkan dengan model STEcS dan PjBL pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 045 |
Keywords: | Perubahan lingkungan; Project based learning; Science technology ecocultural society; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 08:52 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54529 |