PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF MODEL PEMBELAJARAN STECS DAN PJBL PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA N 10 MEDAN TP. 2021/2022

Saragih, Ayu Syntia Monika (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF MODEL PEMBELAJARAN STECS DAN PJBL PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA N 10 MEDAN TP. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183141086 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183141086 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183141086 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183141086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183141086 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183141086 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183141086 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183141086 PREFACE.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183141086 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183141086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183141086 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183141086 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183141086 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183141086 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183141086 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183141086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang dibelajarkan dengan model STEcS dan PjBL pada materi perubahan lingkungan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 103 orang. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen pertama dengan jumlah 35 orang dan X MIA-1 sebagai kelas eksperimen kedua dengan jumlah 32 orang sehingga jumlah seluruh sampel yaitu 67 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal pilihan berganda dan angket sikap siswa terhadap lingkungan yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model STEcS dan PjBL pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri 10 Medan. Nilai rata-rata hasil tes kognitif siswa SMA Negeri 10 Medan yang diajarkan dengan model STEcS lebih tinggi (66,46) jika dibandingkan dengan nilai rata-rata tes kognitif siswa yang dengan model PjBL (58,91). Dan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan sig.(2-tailed) sebesar 0,004. (2) terdapat perbedaan hasil belajar afektif siswa yang dibelajarkan dengan model STEcS dan PjBL pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri 10 Medan. Nilai rata-rata angket siswa SMA Negeri 10 Medan yang diajarkan dengan model STEcS lebih tinggi (75,37) jika dibandingkan dengan nilai rata-rata angket siswa yang dengan model PjBL (70,84). Serta hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan sig.(2-tailed) sebesar 0,02. Sehingga Ha diterima, dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang dibelajarkan dengan model STEcS dan PjBL pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 BIO 045
Keywords: Perubahan lingkungan; Project based learning; Science technology ecocultural society; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:52
Last Modified: 28 Feb 2024 08:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54529

Actions (login required)

View Item
View Item