Ahmad, Fadilah (2022) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI PMS SMA N 1 TANJUNG TIRAM T.P2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183341017 COVER.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
2. 4183341017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
3. 4183341017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
4. 4183341017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
5. 4183341017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 4183341017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13. 4183341017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. 4183341017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi catatan terbimbing (guided note taking) dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem pencernaan pada kelas XI Peminatan Matematika Sains SMA N 1 Tanjung Tiram Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas XI Peminatan Matematika Sains 1 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran langsung berbantuan strategi catatan terbimbing (guided note taking) dan XI Peminatan Matematika Sains 4 (Kelas Kontrol) dengan model pembelajaran langsung tanpa strategi catatan terbimbing (guided note taking). Pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Data rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar pada kelas eksperimen masing masing adalah 37,86 dan 84,14 pada kelas kontrol 37,57 dan 74,43. Data dianalisis dengan menggunakan paired Sample t-test menggunakan SPSS Versi 21. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa strategi catatan terbimbing (guided note taking) berpengaruh dalam membuat siswa menjadi lebih fokus dalam pembelajaran, strategi ini juga dapat mengasah kemampuan menyimak peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru sehingga lebih mudah dalam menangkap point-point penting dalam materi pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI Peminatan Matematika Sains SMA N 1 Tanjung Tiram Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 004 |
Keywords: | Catatan terbimbing; Pembelajaran langsung; Hasil belajar; Sistem pencernaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 07:31 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54456 |