Ambarita, Arta Elsa Putri (2023) ANALISIS KEMAMPUAN AWAL SISWA BERBASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4192431011 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 4192431011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
3. NIM 4192431011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM 4192431011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 4192431011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
6. NIM 4192431011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM 4192431011 TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM 4192431011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9 NIM 4192431011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM 4192431011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
14. NIM 4192431011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan, yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan awal yakni berupa tes skolastik yang terdiri dari penalaran numerik dan penalaran verbal yang dapat mendukung ketercapaian tes evaluasi hasil belajar pada masing-masing sub pokok bahasan termokimia. Instrumen tes yang dikembangkan yakni instrumen tes skolastik dan instrumen tes evaluasi hasil belajar kimia yang masing-masing berjumlah 20 soal, instrumen ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran), yang disesuaikan dengan Keterampilan Generik Sains. Sampel penelitian ini yaitu 6 orang validator ahli untuk menguji kelayakan isi dan 36 orang siswa untuk menguji kelayakan konstruksi. Hasil validasi isi menunjukkan persentase rata-rata yang diperoleh dalam aspek materi yakni 87,08%, aspek konstruksi yakni 90,41%, aspek bahasa 92,5 % dan aturan tambahan yakni 96,67%. Hasil validasi konstruksi menunjukkan dari 20 soal tes potensi skolastik terdapat 19 soal yang valid dan 1 soal lainnya tidak valid, dan dari 20 soal tes
evaluasi hasil belajar kimia terdapat 17 soal yang valid dan dianggap layak sengkan 3 soal lainnya tidak valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Termokimia, Kemampuan Awal, Keterampilan Generik Sains. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:44 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54393 |