Napitupulu, Jernita Yohana (2023) PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4183151813 COVER.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
2. NIM 4183151813 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
3. NIM 4183151813 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. NIM 4183151813 PREFACE.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
5. NIM 4183151813 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
6. NIM 4183151813 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM 4183151813 TABLES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
8. NIM 4183151813 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
9. NIM 4183151813 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13. NIM 4183151813 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM 4183151813 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis learning management system (LMS) dengan moodle terhadap kemandirian dan hasil belajar
siswa,serta hubungan kemandirian dengan hasil belajar pada materi IPA Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen two group pretes-posttes design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-3 dan VII-4 yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Kelas
VII-4 merupakan kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan pembelajaran LMS dengan moodle. Kelas VII-3 adalah kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan
tes, non-tes berupa angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa yang terdiri dari 30 pernyataan dengan empat pilihan jawaban. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan siswa ranah kognitif, sebanyak 20 butir soal dengan empat pilihan yang sudah diuji kelayakannya. Data pretest dan postes kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 35,3 dan 80,6 sedangkan data kelas kontrol
adalah 36,1 dan 69,7. Data pretest dan postes hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 40,5 dan 84,5 sedangkan data kelas kontrol adalah 40,7 dan 67,5. Data dianalisis menggunakan uji manova (multivariate analysis of variance) dan korelasi kemandirian dan hasil belajar siswa. Terdapat perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa secara signifikansi dengan penerapan LMS dengan moodle sehingga terdapat pengaruh terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 75% dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 47% masing-masing dengan kategori sedang. Terdapat
hubungan korelasi positif antara kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yaitu 0,635 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LMS, moodle, kemandirian belajar, hasil belajar dan korelasi. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 07:27 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54352 |