Lumbangaol, Ester Angriani Br (2023) Pengembangan Booklet Keanekaragaman Tumbuhan Angiospermae Berbasis Potensi Lokal di Geosite Silahisabungan sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Materi Plantae. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193141024 COVER.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
2. NIM 4193141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (903kB) | Preview
3. NIM 4193141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 4193141024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
5. NIM 4193141024 TABLE 0F CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM 4193141024 TABLE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. NIM 4193141024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 4193141024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4193141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM 4193141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
14. NIM 4193141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Penggunaan lingkungan geosite Silahisabungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran biologi masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan yang ada di geosite Silahisabungan, mengetahui tingkat kelayakan booklet tumbuhan Angiospermae menurut ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli desain grafis serta mengetahui respon guru biologi dan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Silahisabungan dan untuk mengetahui efektivitas
penggunaannya sehingga menghasilkan booklet tumbuhan Angiospermae berbasis potensi lokal yang layak digunakan siswa dalam pembelajaran biologi. Booklet dikembangkan menurut Thiagarajan (4D) yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil validasi menurut ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli desain grafis secara berurutan memperoleh
persentase 93%, 97% dan 100% dengan kriteria sangat baik, untuk hasil respon guru biologi memperoleh persentase 100% dengan kriteria sangat baik dan untuk hasil respon siswa berdasarkan hasil respon uji perorangan, kelompok kecil dan
kelompok terbatas secara berurutan memperoleh persentase 93%, 93% dan 92,5% dengan kriteria sangat baik. Booklet yang telah dinyatakan layak selanjutnya diuji efektifitasnya kepada 33 orang siswa. Hasil skor N-Gain sebesar 0,70 dengan
kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Booklet, Geosite Silahisabungan, Tumbuhan Angiospermae. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 01:12 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 01:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54300 |