Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Materi Pendudukan Jepang di Indonesia Berbasis Multiple Intelligences Untuk Siswa Kelas XI IPS SMAN 15 Medan.

SIREGAR, RUTH MARIA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Materi Pendudukan Jepang di Indonesia Berbasis Multiple Intelligences Untuk Siswa Kelas XI IPS SMAN 15 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3192121002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3192121002 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3192121002 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3192121002 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3192121002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3192121002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3192121002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3192121002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3192121002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3192121002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3192121002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3192121002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3192121002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3192121002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3192121002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3192121002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 3192121002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 3192121002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3192121002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3192121002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 3192121002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 3192121002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keterbatasan media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran sejarah berbasis Multiple Intelligences serta keefektifan media pembelajaran sejarah berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA. Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis Multiple Intelligence menggunakan prosedur ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi 5 (lima) tahapan yaitu: Analysis
(analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukan (1) Uji ahli materi sejarah berada dikualifikasi sangat layak (87,5%), (2) Uji ahli media
pembelajaran berada dikualifikasi sangat layak (84,7%), (3) Uji One to One berada pada kualifikasi sangat layak (89,4%), (4) Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (91,9%), (5) Uji coba kelompok besar berada pada
kualifikasi sangat layak (91,9%). Keefektifan Media Pembelajaran Sejarah berbasis Multiple Intelligences dianalisis berdasarkan hasil pre-test dan post-test, diperoleh bahwa nilai post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test masing-masing diperoleh 89,8 dan 52,5. Disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah berbasis Multiple
Intelligences yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media pembelajaran; Multiple Intelligences; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:03
Last Modified: 30 Apr 2024 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54194

Actions (login required)

View Item
View Item