SIREGAR, RUTH MARIA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Materi Pendudukan Jepang di Indonesia Berbasis Multiple Intelligences Untuk Siswa Kelas XI IPS SMAN 15 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3192121002 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 3192121002 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 3192121002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM 3192121002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM 3192121002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM 3192121002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM 3192121002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM 3192121002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM 3192121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. NIM 3192121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM 3192121002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keterbatasan media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran sejarah berbasis Multiple Intelligences serta keefektifan media pembelajaran sejarah berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA. Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis Multiple Intelligence menggunakan prosedur ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi 5 (lima) tahapan yaitu: Analysis
(analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukan (1) Uji ahli materi sejarah berada dikualifikasi sangat layak (87,5%), (2) Uji ahli media
pembelajaran berada dikualifikasi sangat layak (84,7%), (3) Uji One to One berada pada kualifikasi sangat layak (89,4%), (4) Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (91,9%), (5) Uji coba kelompok besar berada pada
kualifikasi sangat layak (91,9%). Keefektifan Media Pembelajaran Sejarah berbasis Multiple Intelligences dianalisis berdasarkan hasil pre-test dan post-test, diperoleh bahwa nilai post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test masing-masing diperoleh 89,8 dan 52,5. Disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah berbasis Multiple
Intelligences yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media pembelajaran; Multiple Intelligences; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:03 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54194 |