Putri, Zahrah Fathinnisa (2023) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 27 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 4191111050_Cover.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. 4191111050_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
3. 4191111050_Abstrak.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. 4191111050_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. 4191111050_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. 4191111050_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
7. 4191111050_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. 4191111050_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. 4191111050_BAB_I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. 4191111050 BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
15. 4191111050_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku digital yang valid, praktis dan efektif, serta mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan buku digital berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi perbandingan senilai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media buku digital, lembar validasi RPP, lembar validasi angket respon siswa dan guru, lembar validasi tes pretest dan posttest, angket respon siswa dan guru, tes pretest, dan tes posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMPN 27 Medan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) cara mengembangkan buku digital yang valid, praktis, dan efektif
dilakukan dengan tahapan ADDIE, dimulai dari penganalisisan karakteristik dan kebutuhan sehingga diperoleh solusi, setelah itu buku digital berbasis Contextual Teaching and Learning akan dirancang dan dibuat serta divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media. Setelah itu, dilakukan uji keterbacaan serta menerapkan buku digital selama 3 pertemuan. Buku digital yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif, (2) Presentase peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada indikator 1 meningkat sebesar 25,93%, pada indikator 2 sebesar 16,11%, pada
indikator 3 sebesar 39,63%, dan pada indikator 4 sebesar 57,77%. Serta rata-rata nilai N-gain siswa sebesar 0,704 artinya berada pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Buku digital, Contextual Teaching and Learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, perbandingan senilai. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 07:19 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54181 |