Semeru, Suci Ayu (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193331001 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 4193331001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
3. NIM 4193331001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM 4193331001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. NIM 4193331001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 4193331001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM 4193331001 TABLES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM 4193331001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9. NIM 4193331001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM 4193331001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM 4193331001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKPD) dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi kesetimbangan kimia yang valid dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode R&D
model 4D, namun langkah penelitian yang dilakukan hanya sampai 3D yaitu Define, Design, dan Develope. Instrumen yang digunakan adalah instrumen nontes berupa lembar validasi sesuai standar BSNP dan angket respon guru dan siswa terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan sesuai standar BSNP yang divalidasi oleh
validator ahli materi dan validator ahli media yang merupakan dosen kimia UNIMED dengan memperoleh rata-rata skor persentase dari validator ahli materi sebesar 82,7%
dengan kriteria “layak”. dan persentase rata-rata validator ahli media sebesar 94,6% dengan kriteria “Sangat layak”. Sedangkan berdasarkan hasil angket respon guru terhadap LKPD yang dirancang diperoleh rata-rata persentase hasil sebesar 85,83% dengan kriteria “Sangat Baik” dan rata-rata persentase angket respon siswa sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Tertarik”. Sehingga LKPD yang dikembangkan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi layak digunakan dalam proses pembelajaran kimia khususnya pada materi kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | 4D, Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Problem Based Learning (PBL), Topik Kesetimbangan Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:52 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54167 |