Tamba, Jeni (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM 4193331019 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2 NIM 4193331019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
3 NIM 4193331019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4 NIM 4193331019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5 NIM 4193331019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6 NIM 4193331019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7 NIM 4193331019 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 NIM 4193331019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9 NIM 4193331019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13 NIM 4193331019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14 NIM 4193331019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar, motivasi dan korelasi antara peningkatan hasil belajar dengan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrument tes dan instrument non tes yang telah divalidasi oleh validator ahli dan diuji cobakan serta telah valid dan reliabel dengan r11 = 0,853 dan rtabel = 0,70. Data hasil belajar dan motivasi belajar terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang didapat dari kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Setelah itu, dilakukan uji t-pihak kanan untuk menguji hipotesis. Hasil yang didapatkan pada uji t-pihak kanan pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunnjukkan bahwa pada hasil belajar thitung > ttabel (14,3 > 1,67) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada data motivasi belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,95 > 1,67) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi nilainya sebesar 86,00 daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional yaitu sebesar 64,33, serta motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi nilainya sebesar 81,2 daripada motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional yaitu sebesar 57,4 pada materi laju reaksi. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh peningkatan hasil belajar dengan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,721 > 0,361) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat korelasi antara peningkatan hasil belajar dengan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada materi laju reaksi dengan sumbangan kontriibusi motivasi belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebsar 52%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:41 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54163 |