Siagian, Stevi Jesika (2023) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182141020 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 7182141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
3. NIM. 7182141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4. NIM. 7182141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 7182141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 7182141020 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 7182141020 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7182141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7182141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10. NIM. 7182141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
![[thumbnail of 11. NIM. 7182141020 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 7182141020 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM. 7182141020 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 7182141020 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (891kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 7182141020 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 7182141020 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14. NIM. 7182141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
15. NIM. 7182141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
![[thumbnail of 16. NIM. 7182141020 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. NIM. 7182141020 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Pencawan Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun banyaknya sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 146 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah Y = -0,483 + 0,509X1 + 0,508X2 + 0,350X3. Secara parsial, kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar
ekonomi dengan nilai thitung > tabel (4,815 > 1.976) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Secara parsial, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi dengan nilai thitung > tabel (6,635 > 1.976) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Secara parsial, lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi dengan nilai thitung > tabel (2,921 > 1.976) dan nilai signifikansi (0,004 < 0,05). Secara simultan, kebiasaan belajar, motivasi belajar, dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan
terhadap hasil belajar ekonomi dengan nilai Fhitung> Ftabel (146,561 > 2,67), dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Kontribusi kebiasaan belajar, motivasi belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 75,6% dan sisanya 24,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:56 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54080 |