SIAGIAN, STEVI JESIKA (2023) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182141020 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 7182141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
3. NIM. 7182141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4. NIM. 7182141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 7182141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 7182141020 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 7182141020 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7182141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7182141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10. NIM. 7182141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
14. NIM. 7182141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
15. NIM. 7182141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Pencawan Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun banyaknya sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 146 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah Y = -0,483 + 0,509X1 + 0,508X2 + 0,350X3. Secara parsial, kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar
ekonomi dengan nilai thitung > tabel (4,815 > 1.976) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Secara parsial, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi dengan nilai thitung > tabel (6,635 > 1.976) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Secara parsial, lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi dengan nilai thitung > tabel (2,921 > 1.976) dan nilai signifikansi (0,004 < 0,05). Secara simultan, kebiasaan belajar, motivasi belajar, dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan
terhadap hasil belajar ekonomi dengan nilai Fhitung> Ftabel (146,561 > 2,67), dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Kontribusi kebiasaan belajar, motivasi belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 75,6% dan sisanya 24,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54080 |