PENGARUH PENGAJARAN REMEDIAL TERHADAP PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA: ( Suatu Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XII di SMA Negeri 1 Karang Baru Tahun Ajaran 2022/2023 )

SINAGA, RANI SULASTRI (2023) PENGARUH PENGAJARAN REMEDIAL TERHADAP PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA: ( Suatu Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XII di SMA Negeri 1 Karang Baru Tahun Ajaran 2022/2023 ). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7183341004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7183341004 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7183341004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7183341004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7183341004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7183341004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7183341004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7183341004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7183341004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7183341004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7183341004 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7183341004 TABLE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7183341004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7183341004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7183341004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7183341004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7183341004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7183341004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7183341004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7183341004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7183341004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7183341004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview

Abstract

Ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII di SMA Negeri 1 Karang Baru. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh Pengajaran Remedial Terhadap Peningkatan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xii Di SMA Negeri 1 Karang Baru. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Karang Baru , populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan IPS dan IPA yang berjumlah 100 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel sesuai dengan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu. Sehingga jumlah sampel yaitu 49 siswa kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2. Metode penelitian yang dimanfaatkan yaitu kuasi eksperimen (Experimental Research. Pada penelitian ini peserta didik menjadi sampel dikategorikan kedalam 2 kelompok. Kelompok pertama yaitu kelompok peserta didik yang memperoleh tindakan Pengajaran Remedial serta kelompok kedua yaitu kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan. Dalam penelitian ini, hasil belajar ekonomi menjadi variabel kriteria/dependent. Data yang diperoleh dianalisis dengan aplikasi SPSS 20.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas XII IPS 2 yang tidak menggunakan pengajaran remedial (kelas kontrol) dengan hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 yang diajar dengan menggunakan Pengajaran Remedial (kelas eksperimen). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t lebih kecil dari pada 0,000 (0,000 < 0,05) sehingga hipotesis diterima dan perolehan rata - rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (75.00 > 72.00). Dengan vi demikian pengajaran remedial memberikan pengaruh yang baik terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengajaran Remedial, Peningkatan Ketuntasan Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:30
Last Modified: 30 Jan 2024 07:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54077

Actions (login required)

View Item
View Item