SINAGA, RANI SULASTRI (2023) PENGARUH PENGAJARAN REMEDIAL TERHADAP PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA: ( Suatu Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XII di SMA Negeri 1 Karang Baru Tahun Ajaran 2022/2023 ). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183341004 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7183341004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM. 7183341004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 7183341004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. NIM. 7183341004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM. 7183341004 TABLE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 7183341004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
8. NIM. 7183341004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM. 7183341004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. NIM. 7183341004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 7183341004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII di SMA Negeri 1 Karang Baru. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh Pengajaran Remedial Terhadap Peningkatan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xii Di SMA Negeri 1 Karang Baru. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Karang Baru , populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan IPS dan IPA yang berjumlah 100 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel sesuai dengan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu. Sehingga jumlah sampel yaitu 49 siswa kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2. Metode penelitian yang dimanfaatkan yaitu kuasi eksperimen (Experimental Research. Pada penelitian ini peserta didik menjadi sampel dikategorikan kedalam 2 kelompok. Kelompok pertama yaitu kelompok peserta didik yang memperoleh tindakan Pengajaran Remedial serta kelompok kedua yaitu kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan. Dalam penelitian ini, hasil belajar ekonomi menjadi variabel kriteria/dependent. Data yang diperoleh dianalisis dengan aplikasi SPSS 20.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas XII IPS 2 yang tidak menggunakan pengajaran remedial (kelas kontrol) dengan hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 yang diajar dengan menggunakan Pengajaran Remedial (kelas eksperimen). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t lebih kecil dari pada 0,000 (0,000 < 0,05) sehingga hipotesis diterima dan perolehan rata - rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (75.00 > 72.00). Dengan vi demikian pengajaran remedial memberikan pengaruh yang baik terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengajaran Remedial, Peningkatan Ketuntasan Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54077 |