SIBORO, ROULI MILENIA QWINT (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7193341038 -COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 7193341038 -APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3. NIM 7193341038 -ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 7193341038 -PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM 7193341038 -TABLE OF CONTENT....pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM 7193341038 -ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 7193341038 -TABLES....pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM 7193341038 -APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 7193341038 -CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
13. NIM 7193341038 -CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM 7193341038 -BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi kelas dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kisaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran yang berjumlah 360 siswa, dengan 10 kelas. teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel sesuai dengan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu, sehingga sampel sebanyak 72 siswa. Pada penelitian ini peserta didik menjadi sampel dikategorikan kedalam 2 kelompok. Kelompok yang dimaksud adalah kelompok kelas eksperimen adalah kelas X-6 (diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD), dan kelas control adalah kelas X-7 diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis data yang didapat dari hasil belajar ekonomi, yang di dapatkan nilai rata-rata total kelas eksperimen sebesar 84,58 lebih tinggi dari kelas control nilai rata-rata total sebesar 68,33. Dengan pengujian hipotesis menggunakan uji paired t-test, hasil yang didapat sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 penggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) dalam meningkatan hasil pembelajaran ekonomi pada murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54075 |