PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SIBORO, ROULI MILENIA QWINT (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7193341038 -COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7193341038 -COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7193341038 -APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7193341038 -APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7193341038 -ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7193341038 -ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7193341038 -PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7193341038 -PREFACE.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7193341038 -TABLE OF CONTENT....pdf]
Preview
Text
5. NIM 7193341038 -TABLE OF CONTENT....pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7193341038 -ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7193341038 -ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7193341038 -TABLES....pdf]
Preview
Text
7. NIM 7193341038 -TABLES....pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7193341038 -APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7193341038 -APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7193341038 -CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7193341038 -CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7193341038 -CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7193341038 -CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7193341038 -BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7193341038 -BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi kelas dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kisaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran yang berjumlah 360 siswa, dengan 10 kelas. teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel sesuai dengan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu, sehingga sampel sebanyak 72 siswa. Pada penelitian ini peserta didik menjadi sampel dikategorikan kedalam 2 kelompok. Kelompok yang dimaksud adalah kelompok kelas eksperimen adalah kelas X-6 (diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD), dan kelas control adalah kelas X-7 diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis data yang didapat dari hasil belajar ekonomi, yang di dapatkan nilai rata-rata total kelas eksperimen sebesar 84,58 lebih tinggi dari kelas control nilai rata-rata total sebesar 68,33. Dengan pengujian hipotesis menggunakan uji paired t-test, hasil yang didapat sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 penggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) dalam meningkatan hasil pembelajaran ekonomi pada murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:23
Last Modified: 30 Jan 2024 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54075

Actions (login required)

View Item
View Item