Turnip, Putriani Oktaviani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183341020 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM 7183341020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM 7183341020 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM 7183341020 ABSTRACTS.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
5. NIM 7183341020 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 7183341020 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 7183341020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
11. NIM 7183341020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
12. NIM 7183341020 CREFERENCES.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang terjadi adalah Rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X SMA Negeri 2 Medan tahun ajaran 2023/2024, Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berfikir siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi, adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, jumlah dari populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di sekolah SMA negeri 2 Medan yang berjumlah 3 kelas,tiap tiap kelas memiliki jumlah 36 siswa dan Sampel dalam penelitian ini adalah 72 Siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada materi permintaan dan penawaran, dan
keseimbangan pasar, dimana hasil penelitian diperkuat dengan data hasil nilai rata-rata posttest kedua kelas menunjukkan nilai rata-rata posttest untuk kelas dengan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan kelas dengan metode konvensional, sehingga model pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh yang lebih baik. Hal ini juga terbukti dari hasil perhitungan pada uji hipotesis dari hasil akhir pembelajaran yaitu dengan dilakukannya post-test, dimana diperoleh nilai probabilitas Sig.(2-tailed) = 0,034, dengan kata lain Sig.(1-tailed) = 0,000 < 0,05 = α, dengan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, Mind Mapping, Pembelajaran Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54074 |