SAMOSIR, ENDANG (2023) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ULUAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7192441006 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 7192441006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
3. NIM 7192441006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM 7192441006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. NIM 7192441006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM 7192441006 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 7192441006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. NIM 7192441006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9. NIM 7192441006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
13. NIM 7192441006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM 7192441006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi Edukatif dan Pemberian Reward terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Uluan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post
facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebnayak 65 orang, karena penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
dokumentasi dan angket. Angket yang digunkan diuji terlebih dahulu sebelum disebarkan. Diperoleh hasil bahwa angket sudah valid dan reliabel, selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Dengan pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial serta pengukuran koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian yang diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Interaksi Edukatif dan Pemberian Reward terhadap Prestasi Belajar. Adapun perolehan persamaan yang dapat diketahui yaitu Y=32.627+0,343X1+0,294X2. Hasil pengujian hipotesis dapat
diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel interaksi edukatif(X1) diperoleh thitung sebesar 6,456 dengan demikian thitung>ttabel
(6,456>166940). Kedua, pada variabel pemberian reward(X2) diperoleh thitung sebesar 4,780 dengan demikian thitung>ttabel (4,780>166940). Kemudian pada pengujian
hipotesis secara simultan juga didapatkan data sebesar Fhitung>Ftabel yaitu 33,878>3,15. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R
Square) sebesar 0,540. Artinya, interaksi edukatif dan pemberian reward secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebanyak 54% dan sisanya
46% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Interaksi Edukatif, Pemberian Reward, Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54069 |