GINTING, DITA APRILLA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XII IPS SMA SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183341026 -COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 7183341026 -APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
3. NIM 7183341026 -PREFACE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM 7183341026 -ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 7183341026 TABLE OF CONTENT....pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7183341026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7183341026 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM 7183341026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM 7183341026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
13. NIM 7183341026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
14. NIM 7183341026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Audio Visual. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Eria Medan yang beralamat di Jln Sisingamangaraja No. 195 RW .02,Teladan Barat Kecamatan Medan Kota, Kota Medan Sumatera Utara Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Swasta Eria Medan sebanyak 122 siswa. Pengambilan sample adalah dengan Teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) dimana yaitu kelas XII IPS 3 (31 Orang) sebagai kelas Kontrol dengan pembelajaran Konvensional dan Kelas XII IPS 4 (31 Orang) sehingga jumlah keseluruhan sample adalah 62 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Teknik Obervasi, Tes, Dokumentasi, PreTest dan Post-Test. Sebelum tes diberikan pada sample sesungguhnya, maka tes ini akan diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari Hasil analisis data yang diperoleh bahwa nilai rata-rata Pre-Test dan Post-Test yaitu 49.194 dan 80,161 sedangkan pada kelas control nilai rata-rata Pre-Test dan Post-Test adalah 46.935 dan 71.935. dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Proble Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Swasta Eria Medan Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Audio Visual, Hasil Belajar Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 06:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54068 |