Hutagalung, Damero Kristian (2023) PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183141050 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 7183141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM 7183141050 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM 7183141050 ABSTRACTS.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM 7183141050 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM 7183141050 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 7183141050 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7183141050 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 7183141050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
13. NIM 7183141050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. NIM 7183141050 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan, Jalan Pendidikan, Bandar Klipa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas XI IPS Sebanyak 138 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 138 siswa, dimana pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan teknik acak. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t dan Uji-f serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel (9,002 >1,977) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung> ttabel (12,148>1,977) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan belajar dan
kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung>Ftabel (181,121>3,06) dan nilai signifikansi pada taraf
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Prestasi Belajar, Keaktifan Belajar, Kecerdasan Emosional |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 06:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54067 |