TORUAN, ELSA JERNIH LUMBAN (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARANKEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARANSMK SWASTA BUDI AGUNG MEDANT.P 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183343011 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM. 7183343011 APPRAVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM. 7183343011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 7183343011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 7183343011 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 7183343011 LIST OF TABELS.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 7183343011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7183343011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
12. NIM. 7183343011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM. 7183343011 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa yang masih memiliki nilai kewirausahaan dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan pemanfaatan media sosial terhadap hasil belajar kewirausahaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa jurusan pemasaran kelas XI yang berjumlah 54 orang. Sementara untuk pengumpulan data penelitian diperoleh dari angket dan daftar nilai siswa.
Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar kewirausahaan dan pemanfaatan media sosial tik tok merupakan media bagi pengguna internet untuk mengapresiasikan segala jenis informasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penenlitian ini yaitu Y = 15,776+0,459X1+0,37X2+e berarti ada pengaruh positif dan signifikan variabel kemandirian belajar dan pemanfaatan media sosial tik tok terhadap hasil belajar kewirausahaan. Pengujian secara parsial (Uji t) untuk uji hipotesis antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan menunjukan nilai thitung 2,922 > ttabel sebesar 1,675 dengan sig 0,005, untuk uji hipotesis antara pemanfaatan media sosial tik tok terhadap hasil belajar kewirausahaan menunjukkan nilai thitung 2,922>ttabel sebesar 1,675 dengan sig 0,030. Dan uji F diperoleh nilai Fhitung 74,167 > Ftabel 3,18 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis secara simultan antara kemandirian belajar dan pemanfaatan media sosial tik tok terhadap hasil belajar kewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian belajar, Pemanfaatan media sosial, Hasil belajar kewirausahaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 03:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54062 |