SEBAYANG, SRI KARINA BR (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7193342012 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 7193342012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
3. NIM. 7193342012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4. NIM. 7193342012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 7193342012 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM. 7193342012 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 7193342012 PICTURES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 7193342012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM. 7193342012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM. 7193342012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM. 7193342012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran TAPPS berpengaruh tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X di SMK Negeri 1
Kabanjahe T.A 2022/2023. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Jenis penelitian ialah penelitian eksperimen. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Dan pengambilan sampel penelitian menggunakan total sampling yang berjumlah 72 siswa. Dengan rincian kelas X Ak 1 sebagai kelas eksperimen dan X Ak 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan soal test. Test berupa soal pilihan berganda sebanyak 30 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan mean, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai mean pre-test siswa kelas kontrol 59,69, standar deviasi 8,54 dan nilai mean post-test siswa 74,02, standar deviasi 5,80. Sedangkan nilai mean pre-test kelas eksperimen 57,67, standar deviasi 9,99 dan nilai
mean post-test siswa 83,57 standar deviasi 6,14. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa data berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian
hipotesis penelitian menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel ( 4,14 > 1,94 ), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05% dengan dk = n1 + n2 – 2 = 70. Demikian ditarik kesimpulan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran TAPPS berpengaruh tinggi dibandingkan hasil belajar diajarkan dengan metode konvensional pada siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Kabanjahe T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran TAPPS, Hasil Belajar, Metode Konvensional |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 01:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 01:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54049 |