PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE TA. 2022/2023

SEBAYANG, SRI KARINA BR (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7193342012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7193342012 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7193342012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7193342012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7193342012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7193342012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7193342012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7193342012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7193342012 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7193342012 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7193342012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7193342012 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7193342012 PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7193342012 PICTURES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7193342012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7193342012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7193342012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7193342012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7193342012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7193342012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7193342012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7193342012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran TAPPS berpengaruh tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X di SMK Negeri 1
Kabanjahe T.A 2022/2023. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Jenis penelitian ialah penelitian eksperimen. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Dan pengambilan sampel penelitian menggunakan total sampling yang berjumlah 72 siswa. Dengan rincian kelas X Ak 1 sebagai kelas eksperimen dan X Ak 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan soal test. Test berupa soal pilihan berganda sebanyak 30 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan mean, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai mean pre-test siswa kelas kontrol 59,69, standar deviasi 8,54 dan nilai mean post-test siswa 74,02, standar deviasi 5,80. Sedangkan nilai mean pre-test kelas eksperimen 57,67, standar deviasi 9,99 dan nilai
mean post-test siswa 83,57 standar deviasi 6,14. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa data berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian
hipotesis penelitian menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel ( 4,14 > 1,94 ), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05% dengan dk = n1 + n2 – 2 = 70. Demikian ditarik kesimpulan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran TAPPS berpengaruh tinggi dibandingkan hasil belajar diajarkan dengan metode konvensional pada siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Kabanjahe T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran TAPPS, Hasil Belajar, Metode Konvensional
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:23
Last Modified: 30 Jan 2024 01:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54049

Actions (login required)

View Item
View Item