PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 MEDAN

PARHUSIP, RAMANIA STHEFANY ROLENTA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.7193342024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7193342024 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.7193342024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.7193342024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7193342024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7193342024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.7193342024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM.7193342024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.7193342024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.7193342024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7193342024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7193342024 TABLES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.7193342024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.7193342024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.7193342024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.7193342024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.7193342024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.7193342024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.7193342024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.7193342024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.7193342024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.7193342024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Teladan Sumut 1 Medan melalui penerapan model Think Pair Share (TPS) . Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Teladan Sumut 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share(TPS). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 14 (56%) yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 23 siswa (92%) dan telah
memenuhi indikator keberhasilan ≥90%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre test 53,2 dengan siswa yang tuntas 10 siswa (40%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata 68,4 dengan siswa yang tuntas 16 siswa (64%) dan meningkat di hasil post test II dengan nilai rata-rata 91,2 dengan siswa yang tuntas 25 siswa (100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥90% . Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Think Pair Share(TPS)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:41
Last Modified: 29 Jan 2024 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54040

Actions (login required)

View Item
View Item