Pratama, Aditya (2023) HUBUNGAN ADVERSIT QUOTIENT, MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7172144009 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 7172144009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM 7172144009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM 7172144009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM 7172144009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
8. NIM 7172144009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 7172144009 TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM 7172144009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
7. NIM 7172144009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13. NIM 7172144009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 7172144009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient, minat belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran stambuk 2018 fakultas ekonomi universitas negeri medan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 59 mahasiswa dimana keseluruhan populasi merupakan sampel. Instrument yang digunakan adalah angket sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinearitas, Uji T, Uji F dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data menggunakan SPSS Versi 21 diperoleh hasil perhitungan nilai menunjukkan thitung> ttabel (2,137 >1,672) dan nilai signifikan (0,037<0,050) menjelaskan bahwa terdapat pengaruh adversity quotient terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran stambuk 2018 fakultas ekonomi universitas negeri medan. Diperoleh nilai thitung sebesar 2,449>1,672 dengan nilai signifikan sebesar 0.018<0,050 menjelaskan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa administrasi perkantoran stambuk 2018 fakultas ekonomi universitas negeri medan. Diperoleh nilai thitung sebesar 2,376>1,672 dengan nilai signifikan sebesar 0.021<0,050 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa administrasi perkantoran stambuk 2018 fakultas ekonomi universitas negeri medan. Kemudian diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (6.164 > 3.15) dengan nilai signifkansi <0,05 (0,001 < 0,05) menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa administrasi perkantoran stambuk 2018 fakultas ekonomi universitas negeri medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Adversity Quotient, Minat Belajar, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 08:28 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53978 |