Kiranti, Lisa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PADA MATERI TEKS LEGENDA YANG BERMUATAN NILAI BUDAYA LOKAL MELALUI POP-UP BOOK UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2181111007 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 2181111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM 2181111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
4. NIM 2181111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 2181111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM 2181111007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM 2181111007 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 2181111007 LIST OF SKEMA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 2181111007 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
10. NIM 2181111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
11. NIM 2181111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
15. NIM 2181111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
16. NIM 2181111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan produk
media pop-up book bermuatan nilai budaya lokal pada pembelajaran teks legenda
untuk siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan, (2) Mendeskripsikan efektivitas
media pop-up book sebagai media pembelajaran materi teks legenda untuk siswa
kelas VII SMP Negeri 37 Medan dengan menggunakan metode penelitian dan
pengembangan (Research and Development/ R & D) yang dikembangkan oleh
Borg and Gall. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pedoman wawancara,
instrumen kebutuhan guru dan siswa, validasi oleh ahli materi dan ahli media,
validasi oleh guru bidang studi bahasa Indonesia, dan tanggapan siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan
menggunakan kriteria item instrumen dalam skala Likert. Hasil kebutuhan siswa
dan guru dalam menggunakan media pop-up book pada materi teks legenda yang
bermuatan nilai budaya lokal memperoleh sebanyak 86,7% dengan menunjukkan
bahwa media pop-up book sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas
belajar. Hasil validasi terhadap media pop-up book oleh ahli materi memperoleh
nilai 95,14% dengan kategori “Sangat Baik”, hasil validasi oleh ahli media
memperoleh nilai 95,8% dengan kategori “Sangat Baik”, dan validasi oleh guru
bidang studi memperoleh nilai 90% dengan kategori “Sangat Baik”. Efektivitas
media pop-up book pada materi teks legenda bermuatan nilai budaya lokal
diperoleh dari hasil pretest dan posttest hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa
sebelum menggunakan media pop-up book (pretest) mendapatkan nilai 51,25%,
sedangkan hasil siswa setelah menggunakan media pop-up book (posttest)
mendapatkan nilai 90,31%. Selisih antara hasil pretest dan posttest sebanyak
39,06%. Perbandingan ini menunjukkan bahwa media pop-up book dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi teks legenda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pop-Up Book, Legenda, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 04:46 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53968 |