Azura, Febrina (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS ANEKDOT BERBASIS BOOKLET PADA SISWA KELAS X SMA TAMAN SISWA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2181111029 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 2181111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
3. NIM 2181111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
4. NIM 2181111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM 2181111029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
6. NIM 2181111029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM 2181111029 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 2181111029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM 2181111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
13. NIM 2181111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM 2181111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan
teks anekdot berbasis booklet pada siswa kelas X SMA Taman Siswa Medan
Tahun Pembelajaran 2021/2022, (2) Mendeskripsikan keefektifan bahan ajar teks
anekdot berbasis booklet pada siswa kelas X SMA Taman Siswa Medan Tahun
Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan sampek 30 peserta didik
dengan menggunakan prosedur Research and Development (R&D), instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala likert pada
analisis kebutuhan, validasi materi, desain, guru Bahasa Indonesia dan penilaian
peserta didik pada bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Pengembangan Bahan Ajar Teks Anekdot Berbasis Booklet Pada Siswa Kelas X
SMA Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022 termasuk kriteria
“Sangat Baik” dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian dosen ahli materi dengan
presentase 82,2%. Hasil dari penilaian dosen ahli desain 84% termasuk dalam
kriteria “Sangat Baik”, dan hasil dari penilaian guru Bahasa Indonesia 88%
termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” serta didukung dari hasil tanggapan uji
coba produk kelompok kecil, menghasilkan presentase 94,2%, dan tanggapan uji
coba kelompok besar 97,7% dengan kriteria “Sangat Baik”. Sedangkan hasil
keefektifan uji coba produk kelompok kecil memperoleh presentase sebesar
89,55% dengan kriteria “Sangat Efektif”, dan uji coba kelompok besar
mendapatkan presentase 90,25% yang termasuk dalam kriteria “Sangat Efektif”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis booklet layak dan
efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Teks Anekdot, Booklet, Research and Development (R&D) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:58 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53965 |