Sihotang, Yunita Elina (2015) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EXELEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR, KREATIVITAS DAN TOLERANSI SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI SMA. Masters thesis, UNIMED.
cover.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. (2) apakah terdapat pengaruh yang signifikan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan menggunakan media Exelearning terhadap peningkatan kemampuan kreativitas siswa. (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan menggunakan media Exelearning terhadap peningkatan kemampuan toleransi siswa. Dan (4) apakah terdapat interaksi antara Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan menggunakan media Exelearning dan kemampuan karakter siswa dalam memengaruhi peningkatan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Swasta Dharma Pancasila dan SMA Swasta Shafiyyatul Amaliyyah. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep dengan media Exelearning. Kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan media Exelearning. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar dan lembar observasi kemampuan kreativitas dan toleransi siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan Independent T-Test dan Regresion Linear menggunakan program SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan penerapan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. (2) terdapat pengaruh yang signifikan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan menggunakan media Exelearning terhadap peningkatan kemampuan kreativitas siswa. Dan (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan menggunakan media Exelearning terhadap peningkatan kemampuan toleransi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Sih p |
Keywords: | Model mengajar; Media exelearning; Hasil belajar; Kreativitas; Hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 May 2016 03:15 |
Last Modified: | 24 May 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5393 |