Siregar, Mona Tiona (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERHATIAN ORANG TUA DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183141032 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM 7183141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM 7183141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM 7183141032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM 7183141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM 7183141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM 7183141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
8. NIM 7183141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM 7183141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
13. NIM 7183141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM 7183141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan T.P 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional, Perhatian Orang Tua dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 102 siswa dan sampel sebanyak 81 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persamaan Regresi Y = 38,046 + 1,116 X1 + 0,170X2 + 0,149X3 + e. (2) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi belajar dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < (α = 0,05) dan thitung > ttabel (10,810>1,664).(3) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan α sebesar antara Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar dengan nilai signifikan sebesar 0,004 < (α = 0,05) dan thitung > ttabel (2,933>1,664). (4) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Manajemen Waktu terhadap Prestasi Belajar dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < (α = 0,05) dan thitung > ttabel (3,251 > 1,664). (5) Secara simultan Kecerdasan Emosional, Perhatian Orang Tua dan Manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < (α = 0,05) dan nilai fhitung > ftabel (162,842 > 2,72). (6) Kontribusi Kecerdasan Emosional, Perhatian Orang Tua dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Belajar sebesar 86,4% dan sisanya sebesar 13,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Perhatian Orang Tua, Manajemen Waktu, Prestasi Belajar. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 07:00 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53918 |