Siregar, Evy Noviyanti (2015) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EXELEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning (2) Apakah keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning. (3) Apakah terdapat interaksi antara M3PK dengan menggunakan media exelearning dan model pembelajaran konvensional dengan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan yang terdiri dari 6 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purpossive sampling dan diambil sebanyak 2 kelas dengan 2 (dua) kelompok perlakuan yaitu dengan M3PK Berbasis Exelearning dan dengan model konvensional dengan media Exelearnig. Instrumen pengumpulan data digunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal, serta instrumen data keterampilan berpikir kritis siswa digunakan lembar observasi. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan General Linier Models (GLM) Univariate untuk hipotesis 1, 2 dan 3. Teknik analisa data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning (diperoleh Sig: 0,005) (2) Keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning. (diperoleh Sig: 0,002) (3) Terdapat interaksi antara M3PK dengan menggunakan media exelearning dan model pembelajaran konvensional dengan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar kimia siswa. (diperoleh Sig: 0,003).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.372 071 2 Sir p |
Keywords: | Hasil belajar; Model mengajar; Pendidikan karakter; Materi elektrolit; Media pembelajaran exelearning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 May 2016 03:02 |
Last Modified: | 24 May 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5391 |