Siregar, Nurdiana (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP PRAYATNA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136181018. COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. 8136181018. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. 8136181018. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. 8136181018. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. 8136181018. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. 8136181018. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. 8136181018. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. 8136181018. BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
12. 8136181018. BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
13. 8136181018. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah dan untuk melihat interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian sebanyak 73 siswa yaitu 36 siswa pada kelas VIII-5 dan 37 siswa pada kelas VIII-6. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan skala kepercayaan diri. Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) peningkatan kepercayaan diri siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (3) Tidak terdapat interaksi antara gender dengan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah (4) Tidak terdapat interaksi antara gender dengan pembelajaran terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sir p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Kepercayaan diri; Pembelajaran berbasis masalah; Keterkaitan gender |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 May 2016 02:47 |
Last Modified: | 24 May 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5388 |