Situmorang, Pintamas Romasi (2022) Kinerja Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Tomok Induk Kabupaten Samosir Tahun 2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.3183311031 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM.3183311031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3.NIM.3183311031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4.NIM.3183311031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5.NIM.3183311031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6.NIM.3183311031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7.NIM.3183311031 CHART.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8.NIM.3183311031 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9.NIM.3183311031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
10.NIM.3183311031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
14.NIM.3183311031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
15.NIM.3183311031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Aparatur Desa dalam pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan fenomena sebenarnya dari
kejadian di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen yang terkait dengan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu Kepala Desa, beberapa perangkat desa, dan 10 masyarakat yang menerima pelayanan dikantor Desa Tomok Induk, Kabupaten Samosir. Kinerja aparatur dilihat dari indikator kualitas pelayanan dan Akuntabilitas. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kualitas pelayanan kinerja aparatur desa Tomok Induk Kabupaten Samosir belum berjalan dengan baik disebabkan oleh beberapa indikator yang ada dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara
(KEPMENPAN) Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum
Penyelenggaraan Pelayanan Publik belum terealisasi sepenuhnya. Hal ini ditandai dengan prinsip yang belum berjalan secara baik. Seperti prinsip kepastian waktu
dan kedisplinan. kedisplinan waktu yang masih buruk dimana aparatur desa sering datang terlambat untuk bekerja, serta prinsip kepastian waktu yang tidak dapat menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaian penyelenggaraan suatu pembangunan. Namun dalam hal ini pertanggungjawaban (Akuntabilitas) yang diberikan aparatur desa berjalan baik hanya saja perlu meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikan media teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kinerja; Pemerintah Desa; dan Pelayanan Publik |
Subjects: | J Political Science > JS Local government. Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:44 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53831 |