Ginting, Agitha Agusti (2022) Analisis Keefektifan Ruangguru Sebagai Media Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X Ipa 1 Sma Persiapan Stabat Ta 2021/2022. Skripsi S-1, Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu sosial Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173321001 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 3173321001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
3. NIM. 3173321001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM. 3173321001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM. 3173321001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM. 3173321001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. NIM. 3173321001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM. 3173321001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM. 3173321001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM. 3173321001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM. 3173321001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Keefetifan Media Ruanggu Sebagai Media Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X IPA 1 SMA Persiapan Stabat. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana keefektifan penggunaan ruangguru sebagai media belajar pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Persipan Stabat, dengan guru bidang studi sejarah dan peserta didik kelas X IPA 1 di SMA 1 Persiapan Stabat sebagai subjek dalam penelitian ini. Adapun Teknik pengumpulan data pada penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran online di kelas X IPA SMA Persiapan Stabat guru menggunakan media pembalajaran yaitu ruangguru, untuk mempermudah proses pembelajaran peserta didik selama pandemi. Guru menggunakan media ini untuk membuat proses pembelajran menjadi lebih aktif dan efktif saat proses belajar dan mengajar berlangsung. Dampak penggunaan media ruangguru ini memiliki kendala saat proses pembelajaran, siswa kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajran dikarenakan penggunaan paket internet atau bisa dikatakan siswa tidak memiliki paket internet untuk mengakses media ruangguru tersebut. Hasil data yang di dapat oleh siswa melalui angket mencapai hasil yang baik pada aspek media ruangguru. Dari hasil aspek persiapan, kegiatan inti, penutup dan pemanfaatan media ruangguru mencapai 90,25%, yang berarti media ruangguru memiliki banyak manfaat bagi peserta didik dalam memahami materi pelajaran, mempermudah pembelajaran, dan mampu membuat siswa lebih percaya dalam belajar. Kemudian mengenai perbandingan dengan menggunakan media ruangguru hasil belajar siswa jauh lebih meningkat yaitu di atas rata-rata 75. Oleh sebab itu media ruangguru dapat dikatakan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Ruangguru; Efektifitas Pembelajaran ;embelajran Sejarah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:17 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53795 |