Sembiring, Al Khudri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA MATAKULIAH ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136173001 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 8136173001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 8136173001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM. 8136173001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 8136173001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 8136173001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 8136173001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 8136173001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9. NIM. 8136173001 BAB I .pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
13. NIM. 8136173001 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. NIM. 8136173001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh model Project Based Learning menggunakan Mind map, model Project Based Learning menggunakan Concept map, dan pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep pada mahasiswa program studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, (2) Pengaruh model Project Based Learning menggunakan Mind map, model Project Based Learning menggunakan Concept map, dan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains mahasiswa program studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen bentuk pretest dan posttest control group desing yang melibatkan Mahasiswa pendidikan biologi semester II Tahun Akademik 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas B sebagai kelas eksperimen 1 berjumlah (20), kelas A kelas eksperimen 2 berjumlah (23), dan kelas C sebagai kelas kontrol berjumlah (20). Instrument penelitian ini terdiri dari tes yang sudah distandarisasi. Teknik analisis data digunakan software SPSS versi 18 dan hipotesis di uji menggunakan teknik Analisis Kovariat (Anakova) dengan uji lanjut Least Signifikan Difference (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap penguasaan konsep mahasiswa, kelas Project Based Learning menggunakan Mind map dengan model Project Based Learning menggunakan Concept map tidak terdapat perbedaan yang signifikan (P = 0.521) dan pembelajaran konvensional (P = 0.00). (2) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains mahasiswa, kelas Project Based Learning menggunakan Mind map dengan model Project Based Learning menggunakan Concept map tidak terdapat perbedaan yang signifikan (P = 0.760) dan pembelajaran konvensional (P = 0.00). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning menggunakan Mind map dan model Project Based Learning menggunakan Concept map lebh baik dari pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 1 Sem p |
Keywords: | Project based learning; Mind map; Concept map; Prses sains; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 May 2016 08:18 |
Last Modified: | 23 May 2016 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5376 |