Pangaribuan, Jeremia (2022) PENGEMASAN MATERI MUSIK TRADISIONAL BERBASIS EDMODO DI KELAS VIII A SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183142015 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM 2183142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 2183142015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 2183142015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM 2183142015 TABLE CONTENT.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
6. NIM 2183142015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM 2183142015 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 2183142015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 2183142015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
13. NIM 2183142015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 2183142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengemasan materi
Musik Tradisional yang dikemas dalam bentuk poster berbasis Edmodo. 2) Untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar setelah adanya pengemasan materi Musik
Tradisional yang dikemas dalam bentuk poster berbasis Edmodo. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengemasan, teori musik tradisional,
teori media pembelajaran, teori media poster, teori e-learning, teori Edmodo.
Populasi pada penelitian ini terdiri dari 32 orang siswa-siswi kelas VIII A SMP
Negeri 23 Medan. Pada penelititian ini metode yang digunakan adalah metode
Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data lakukan dengan
cara pemberian angket dan tes kepada siswa-siswi. Penelitian ini menghasilkan: 1)
Produk berupa materi pelajaran Musik Tradisional yang dikemas dalam bentuk
poster melalui tahap devine, tahap design dan tahap develop. Materi yang telah
dikemas dalam bentuk media poster kemudian diunggah (upload) pada platform
Edmodo sebagai media pembelajaran elektronik (e-learning). 2) Uji efektivitas
media diuji melalui tiga tahap yaitu: pretest mendapat nilai rata-rata 47,96, uji
coba tahap satu dengan memberikan media poster yang belum direvisi oleh ahli
media mendapat nilai rata-rata 65,46, uji coba tahap dua dengan memberikan
media poster yang telah direvisi oleh ahli media dan pemberian postets mendapat
nilai rata-rata 90,15 dan hasil uji normalitas pengemasan menggunakan N-Gain
memperoleh persentase > 75% dengan kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 08:09 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53757 |