Manisya, Sri (2022) Hubungan Self Efficacy Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182151017_COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 1182151017_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
3. NIM. 1182151017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM. 1182151017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
5. NIM. 1182151017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. NIM. 1182151017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7. NIM. 1182151017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 1182151017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM. 1182151017_BAB 1.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
13. NIM. 1182151017_BAB 5.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
14. NIM. 1182151017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan self efficacy dengan penyesuaian diri siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan saat pembelajaran tatap muka terbatas tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan T.A 2022/2023 berjumlah 108 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala likert yang berkaitan dengan self efficacy dan penyesuaian diri dengan koefisien reliabilitas pada skala self efficacy sebesar 0.899 dan penyesuaian diri sebesar 0.908. Perolehan data kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi Product Moment Correlation. Hasil dalam penelitian ini menujukkan bahwa self efficacy siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan yang tergolong kategori baik dengan persentasi 20%, cukup 57,6%, dan rendah 22,4% siswa. Dari hasil uji korelasi diketahui koefisien korelasi pearson (r) sebesar 0,360 dengan sign (p) 0,001 dapat diartikan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan penyesuaian diri. Perolehan koefisien determinasi (r2) dalam penelitian ini sebesar 0,130 yang menunjukkan besarnya kontribusi variabel self efficacy terhadap penyesuaian diri sebesar 13%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan, hasil hipotesis yang menyatakan adanya hubungan self efficacy dengan penyesuaian diri saat pembelajaran tatap muka terbatas diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penyesuaian diri;Tatap Muka Terbatas;Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF697 Differential psychology. Individuality. Self L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 04:10 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53744 |