Putra DP., TA. Ardian Syah (2015) ANALISIS RPP BERBASIS PADA PEMAHAMAN DAN PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA GURU SMP DI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
01. COVER TESIS SIDANG.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
lembar pengesahan tesis.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
02. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
8136174030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8136174030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8136174030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
8136174030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
05. BAB I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
09. BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur, kemampuan guru dalam pembuatan dokumen RPP, tingkat pemahaman guru dan mengamati penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran di kelas yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran IPA di 6 SMP Sekolah Sasaran di Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini yaitu, mencakup guru IPA - Biologi Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdapat di 6 SMP Sekolah Sasaran di Kabupaten Langkat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang guru IPA yang mengajar di SMP Sasaran Kabupaten Langkat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik lembar instrumen telaah RPP, angket dan instrumen penerapan pelaksanaan pembelajaran yang terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Data dalam penelitian ini didapatkan atas telaah RPP, angket dan observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh 12 guru yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas RPP guru SMP Sasaran di Kabupaten Langkat tergolong kreteria amat baik dengan persentase 81,04%, tingkat pemahaman guru terhadapa pendekatan saintifik tergolong tinggi dengan persentase 75,48%, dan penerapan pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tergolong sesuai dengan persentase 79,49%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Put a |
Keywords: | Kemampuan guru; Pendekatan saintifik; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 May 2016 08:01 |
Last Modified: | 23 May 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5372 |