Hasibuan, Siti Aisya (2022) ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PADA TULISAN TEKS CERITA ANEKDOT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 06 SOSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173311068 COVER.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. NIM 2173311068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. NIM 2173311068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 2173311068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM 2173311068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 2173311068 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 2173311068 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 2173311068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
12. NIM 2173311068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
13. NIM 2173311068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk kesalahan teks cerita
anekdot pada tulisan siswa.(2) penyebab kesalahan kalimat dari segi pilihan kata
dalam teks cerita yang ditulis siswa (3) upaya yang dilakukan siswa untuk mengatasi
kesalahan dari segi tanda baca,kurang konsentrasi, kurangnya kosakata siswa,kurang
memahami kaidah pemilihan kata dalam tulisan siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri
06 Sosa tahun pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
dilakukan dengan teknik menulis teks cerita anekdot(lucu) yang dibuat oleh siswa.
Hasil penelitian data yang dianalisis yaitu, Kesalahan kalimat pada teks anekdot
ditinjau dari aspek kecukupan unsur kalimat yang ditulis siswa kelas VII memiliki
tingkat kesalahan sebanyak 28,57%, persentase kesalahan kalimat bahasa indonesia
dari segi kemubaziran unsur kalimat dan dari segi pilihan kata dalam teks anekdot
yang ditulis siswa kelas VII memiliki tingkat kesalahan yang sama yaitu sebanyak
25, 9%, dan persentase kesalahan kalimat bahasa indonesia dari segi tanda baca dan
ejaan dalam teks anekdot yang ditulis siswa kelas VII memiliki tingkat kesalahan
terendah sebanyak 20, %. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa
terdapat kesalahan gramatikal pada teks cerita anekdot siswa kelas VII SMP Negeri
06 Sosa Tahun Pembelajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesalahan gramatikal, Kalimat, teks anekdot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 02:01 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53709 |