Safitri, Riyan (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATIONTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASILOBSERVASI SISWA KELAS VII SMP YAYASANPERGURUAN PAHLAWAN NASIONAL TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2153111036 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 2153111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM 2153111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 2153111036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 2153111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 2153111036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7. NIM 2153111036 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM 2153111036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. NIM 2153111036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. NIM 2153111036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM 2153111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan menulis teks
laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Yayasan Perguruan Pahlawan
Nasional Tahun Pembelajaran 2019/2020; (2) kemampuan menulis teks laporan
hasil observasi menggunakan model pembelajaran Group Investigation siswa
kelas VII SMP Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional Tahun Pembelajaran
2019/2020; (3) melihat pengaruh model pembelajaran Group Investigation
terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa
kelas VII SMP Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional Tahun Pembelajaran
2019/2020. Sumber data berasal dari teks laporan hasil observasi siswa. Data
dianalisis secara deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-4
SMP Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional dengan jumlah siswa 30 orang.
Sebelum dilakukannya penelitian di kelas VII-4 hasil belajar siswa bisa dikatakan
cukup baik, hanya saja model pembelajaran yang digunakan guru kurang
berpengaruh dalam peroses pembelajaran. Sedangkan setelah menggunakan
model Group Investigation menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan
dalam peroses pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan menggunakan
model Group Investigation. Hal ini dibuktikan dengan hasil teks laporan hasil
observasi yang dibuat siswa sebelum menggunakan model Group Investigation
dengan sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation yaitu
1840 dengas nilai rata-rata 61,33 dan jumlah nilai kemampuan siswa dalam
menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran
Group Investigation yaitu .2530 dengan nilai rata-rata 84,33. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan uji “t”. Pengujian hipotesis yaitu thiutng > ttabel yaitu 13,5 > 1,699
dengan demikian H0 ditolak dan Hα diterima. Hal ini membuktikan bahwa model
pembelajaran Group Investigation berpengaruh positif dalam menulis teks laporan
hasil observasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Group Investigation, Teks Laporan Hasil Observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 08:23 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53703 |