Dalimunthe, Henni (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI MAS MUALLIMIN UNIVA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183321006 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM 4183321006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM 4183321006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 4183321006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
5. NIM 4183321006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM 4183321006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM 4183321006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM 4183321006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan moodle untuk menigkatkan hasil belajar fisika siswa di MAS Muallimin Univa Medan. Jenis penelitian quasi exsperiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yang masing-masing berjumlah 36 siswa yaitu X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan X MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa soal objektif untuk menilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eskperimen diperoleh 31,11 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol diperoleh 28,33. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen diperoleh 77,78 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol diperoleh 60,74. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan uji n-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,70 dan masuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantuan moodle dapat menigkatkan hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 015 |
Keywords: | Flipped classroom; Moodle; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 06:32 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53636 |