PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI MAS MUALLIMIN UNIVA MEDAN

Dalimunthe, Henni (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI MAS MUALLIMIN UNIVA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183321006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183321006 COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183321006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183321006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183321006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183321006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183321006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183321006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183321006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183321006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183321006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183321006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183321006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183321006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183321006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183321006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan moodle untuk menigkatkan hasil belajar fisika siswa di MAS Muallimin Univa Medan. Jenis penelitian quasi exsperiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yang masing-masing berjumlah 36 siswa yaitu X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan X MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa soal objektif untuk menilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eskperimen diperoleh 31,11 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol diperoleh 28,33. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen diperoleh 77,78 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol diperoleh 60,74. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan uji n-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,70 dan masuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantuan moodle dapat menigkatkan hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 015
Keywords: Flipped classroom; Moodle; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:32
Last Modified: 11 Dec 2023 06:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53636

Actions (login required)

View Item
View Item