Lestari, Winda (2022) META ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152111039 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 4152111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 4152111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 4152111039 PREFACE .pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
6. NIM. 4152111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
10. NIM. 4152111039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM. 4152111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
15. NIM. 4152111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis peserta didik secara keseluruhan, (2) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis berdasarkan jenjang pendidikan, (3) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis berdasarkan media pembelajaran yang digunakan, (4) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis berdasarkan materi yang diajarkan, (5) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis berdasarkan kemampuan matematis yang diukur. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan didapatkan 17 penelitian yang sesuai dengan kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan bantuan software publish or perish. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Secara keseluruhan media pembelajaran matematika memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan matematis peserta didik sebesar 0,972, (2) Berdasarkan jenjang pendidikan, penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh yang besar jika digunakan pada jenjang SMP/MTs dengan effect size sebesar 1,039 (n=16, SD=0,754), (3) Berdasarkan media pembelajaran yang digunakan, media visual memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan matematis peserta didik sebesar 1,003 (n=13, SD=0,641), (4) Berdasarkan materi, penggunaan media pembelajaran dengan materi logika memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan matematis sebesar 1,237 (n=2, SD=0,489), (5) Berdasarkan kemampuan matematis yang diukur, penggunaan media pembelajaran berpengaruh besar terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik yaitu sebesar 1,303 (n=3, SD=0,353)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 001 |
Keywords: | Meta analisis; Kemampuan matematis; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 09:11 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53607 |